19 Desember 2011

Berselingkuh ama Linux, He-he...





Agan2 sudah pernah mendengar linux?? yah, pasti bnyk yg sudah mendengarnya. Bagi yg belum ane bakal jelasin dikit (ga ush bnyk ^_^)!!..

Linux adalah sebuah sistem operasi yang sifatnya open source. Udh tau istilah Open Source?? Open source artinya bisa di otak-atik sesuai keinginan kita. Jadi maksudnya hampir semua aplikasi di linux bisa kita kembangkan sendiri fungsinya sesuai keinginan kita (asalkan ente ngerti bahasa pemograman). Tidak seperti aplikasi windows yg sering kita pakai saat ini yg kebanyakan sudah berlisensi (kyak ms.word).  Jadi ga bisa diotak-atik, cuma bisa di pergunakan aj.

Kenapa ane di sini pake kata SELINGKUH, karena Kbar bagus buat agan yg kreatif, he-he....
 agan2 bisa menginstal sistem operasi tersebut tanpa harus mencabut sistem operasi windows agan2. Ibarat 1 rumah punya dua istri, di sini 1 comp ada 2 OS. (hehe just kidding, muuph bagi kaum hawa).

D i tambah lagi, ada yg nama na Fasilitas live cd...
apa itu live cd??
Di sini maksud na agan ga harus mempartisi hardisk buat tempatin linux. Agan bisa coba dulu linux dari CD atau USB, kalo agan merasa cocok dengan linux, ya tinggal instal ke hardisk. Klo ga cocok, y gpp, wong OS na masih ad di CD/USB.  Jadi ga perlu khawatir windows agan   bakal cemburu selama pemakaian linux, karena kamar na terpisah.. hehe

Sampai yg ane tau dari tabloid komputer. Versi Linux sudah mencapai 11.10 dengan kode nama Oneiric Ocelot. Terdapat empat fitur utama baru yang ada di Linux baru ini. Yakni
  • Ubuntu Software Center
  • System Setting
  • Backup
  • The Dash
Mengenai empat fitur tadi ga bakal ane jelasin sekarang. Soal ne blum terlalu paham juga, hehe. ^_^



Yang mau ane fokuskan disini tentang bagaimana menginstal Linux dengan aplikasi Wubi. Kelebihan kalo instal Linux pake wubi adalah proses instalasi na menjadi semudah menginstal software windows lainnya. Agan2 yg sebelum na pake windows ga perlu di uninstal windows na (coz kita bisa bikin dual booting), Ga perlu mesti atur bios dulu, langsung aja instal seperti double klik, trus next-next-next. Jadi lebih simpel. N kalo agan2 suatu saat pengen uninstal Linux na, bisa dari windows juga. Ane jamin deh proses instal dengan wubi jadi gampang bngt, bahkan untuk agan2 yg masih awam tentang linux.

Yang pertama agan2 siapkan adalah software wubi na, nanti agan tinggal download aj di bagian bawah artikel ini. Setelah di download, download pula OS Linux na (y iyalah, klo ga di download sama aj boong), agan bisa mendownload Linux 11.10 juga di bagian bawah artikel ini.


  • Untuk proses instalasinya silahkan dtempat double klik wubi,
  • Tentukan tempat peinstalan linux na, dalam contoh ini ane memilih drive D.
  • Setelah semua pengaturan selesai proses instalasi akan segera berjalan.

KURANG LENGKAP INTRUKSI NA???

Ane ga akan ngejelasin detail langkahnya karena Aplikasi wubi sudah tersedia dalam b.indo.
jadi,,, i'ts simple..... Bagi agan2 yg udah biasa ama ritual Instal-menginstal Software...

bagi newbie yg merasa kesulitan dalam proses instalasinya silahkan coment aj gan..
nanti ane respon keluhan na bila sempet,,,
hehe.... (becanda, ....)

Bagi agan2 yang pengen download aplikasi Wubi na bisa di download disini.
N jngn lupa download jg OS linux na di sini.

Ok ampe di sini dulu ane share na...
mudah2'n bermanfaat...
so... Mari tebarkan semangat oprek linux sepuas hati....


2 komentar:

farrah mengatakan...

saya udah download linux wubi tapi pas setegah jalan dia berhenti.jadi,gk bisa lagi harus dari awal udah 2 kali saya begitu.gimana ya?

d D4n mengatakan...

wah, begitu yah..
biasa na yg lain sih bisa,
ad kmungkinan koneksi internet anda tidak stabil, atau mungkin dri server ziddu na..

Klo boleh
sya minta e-mail farah aj,
nti file na sya krim via e-mail...

Posting Komentar

Masukan dari bloggers sangat berharga bagi kami untuk membuat karya tulisan yang lebih baik!!!