01 Maret 2009

Isu Tentang Obat Puyer Yang Beredar (Bag 2)

Pada posting sebelumnya, saya telah menjelaskan 7 alasan kenapa obat puyer itu dianggap berbahaya. Apakah benar obat puyer itu memang berbahaya mengingat pembuatannya yang kurang steril dan kemungkinan terjadinya polifarmasi? Sebenarnya, yang perlu anda waspadai bukan pada obat puyernya. Namun, lebih kepada pengetahuan Dokter atau keterampilan Apoteker dalam membuat obat puyer.

Kok, jadi yang perlu diwaspadai adalah Human Quality nya?

Yup, itu benar. Coba anda pikirkan, kalau dokternya saja mempunyai pengetahuan yang minim tentang kestabilan obat. Bagaimana mungkin dia bisa menyajikan obat yang benar-benar bisa menyembuhkan anda? Jadi, jangan ragu untuk menanyakan kepada dokter anda tentang prosedur medis yang akan dilakukan kepada anda. Sangat tidak etnis kalau dokter tidak mau menjawab pertanyaan anda.

Berarti, obat puyernya sendiri tidak berbahaya?

Ok, saya kasih tahu dulu sejarahnya. Sebenarnya, obat puyer dibuat sejak ratusan tahun lalu karena ketersediaan obat anak pada waktu itu begitu terbatas. Di Indonesia sendiri, sejarah peracikan obat puyer sudah dimulai sejak zaman kolonial Belanda. Dalam hal itu, yang berhak melakukan peracikan obat di Indonesia adalah :

  1. Apoteker (Ijazah, Smpah, SIK/SP, SIA, PERMENKES NO.922/93
  2. Asisten Apoteker (Dibawah Pengawasan Apoteker di Apotik)
  3. Dokter khusus untuk suntikan, kecuali dalam keadaan darurat, didaerah terpencil.
Dan ternyata, penggunaan obat puyer juga sudah menjadi polemik disejumlah negara. Seperti Bangladesh dan negara-negara afrika yang sudah meninggalkan penggunaan obat puyer karena banyaknya kelemahan.

Ada negara yang sudah meninggalkan Puyer?
Apa berarti obat puyer sudah tidak layak lagi di pergunakan?

Memang sebagian obat puyer ada yang berbahaya karena disebabkan minimnya pengetahuan Dokter atau kurang terampilnya Apoteker dalam membuat obat itu. Namun anda tak perlu khawatir, hal itu tidak akan terjadi selama Dokter dan Apoteker mempunyai Good Quality. Ketua umum IDI (Ikatan Dokter Indonesia) mengatakan "obat puyer tidak ada masalah syarat ketentuan dan prosedur dilakukan secara baik dan benar.


Little Green Men


Lagi pula, telah dijelaskan dalam UU No.23 Tahun 1992 Tentang kesehatan Pasal 80 ayat b

Barang siapa dengan sengaja memproduksi dan atau mengedarkan sediaan farmasi berupa obat atau bahan obat yang tidak memenuhi syarat farmakope Indonesia dan atau buku standar lainnya sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 40 ayat (1), dipidana dengan pidana penjara paling lama 15 tahun dan pidana senda paling banyak Rp 300 juta.





Jadi, bila anda merasa telah dirugikan akibat praktik tenaga medis tinggal lapor saja ke IDI. "Nanti diproses oleh majelis Etik untuk dibuktikan bersalah atau tidak menurut kacamata ilmu kedokteran" kata Fahmi Idris ketua IDI. Tapi jangan lupa, bawa identitas pelapor dan bukti-bukti yang cukup.

Jadi, ke 7 alasan yang ditulis artikel sebelumnya bagaimana?
Benar atau salah?

Hmm....!? Mengenai ke 7 alasan yang telah saya tulis di artikel sebelumnya akan saya terangkan diartikel saya yang berjudul "Jawaban Dari 7 Alasan Tentang Obat Puyer". Nantikan artikel saya pada minggu depan. Baca Yach!!!


Jadi, apakah anda sudah tidak bingung lagi mau menggunakan obat puyer atau tidak? Silahkan tulis komentar anda pada post komentar yang telah tersedia!

4 komentar:

Joko Susilo mengatakan...

Mari terus ACTION!

Ruli Saputri mengatakan...

Halo salam kenal, perasaan saya obat puyer dulu tidak seheboh sekarang ya, kenapa ya, apa gara2 mau pemilu.

rulisaputri.blogspot.com
( Meninggalkan komentar adalah hal yang baik, demi ramai tidaknya pengunjung
blog ANDA )

Ariesvio mengatakan...

Wah...bagus sekali
Salam kenal

rizal mengatakan...

Salam kenal...saya cuma mau kasih saran aja. Kalau bisa warna fontnya agak sedikit di gelapin aja, biar mata yang baca gak silau dan merasa lebih nyaman untuk berlama-lama di blog anda. Titip link ya buat teman2 yang mau membangun bisnis OL dengan program reseller bisa kunjungi link http://bisnisrizal.com

Posting Komentar

Masukan dari bloggers sangat berharga bagi kami untuk membuat karya tulisan yang lebih baik!!!