13 Mei 2012

Ada Masa Robot Berkuasa


Baru-baru ini saya mengikuti sebuah seminar teknologi yang membahas tentang perkembangan robot dan kegunaan mereka dalam menangani pekerjaan manusia sehari-hari. Sangat menarik menyaksikan sebuah robot menari di atas panggung. Yah, sebagian besar peserta saat itu terpanah melihat aksi robot kecil itu.



Video di atas adalah salah satu video yang ditunjukan pada seminar yang saya ikuti. Masih banyak video yang diperlihatkan waktu seminar itu. Sengaja tidak saya upload karena saya peduli pada quota internet anda. He-he...

Seusai pertunjukan robot yang menari, kami diajak untuk melihat berbagai video tentang perkembangan robot di berbagai negara. I'ts amazing melihat bagaimana sebuah robot mampu menggantikan tugas manusia seperti memasak, membersihkan rumah, bahkan menggantikan tugas militer seperti menjinakan bom.

Itulah teknologi, itulah robot dari hasil buah pemikiran manusia tentang
teknologi. Kita harus bangga sebagai manusia karena ternyata otak  kita mampu menciptakan mesin menakjubkan seperti itu. Walaupun bangsa kita belum sepenuhnya bisa menciptakan mesin canggih itu, namun dengan terciptanya benda itu menjadi pertanda bahwa sebenarnya otak kita juga mampu menciptakan teknologi yang lebih canggih. Hanya saja kita belum menyadari potensi itu.

Setelah mengikuti seminar itu, pikiran saya menjadi lebih terbuka tentang perkembangan teknologi. Teknologi itu ada untuk memudahkan pekerjaan manusia. Ada pendapat yang menyatakan bahwa teknologi seperti pisau bermata dua. Bisa bermanfaat, bisa juga merugikan. Saya menjawab itu benar apa adanya. Namun seiring perjalanan waktu Teknologi juga kian memperbaiki kekurangan yang ia miliki. Jadi sungguh naif rasanya bila kita menolak perkembangan teknologi hanya karena sisi negatifnya.

Jika semua pekerjaan digantikan oleh robot. Akan makin banyak pengangguran tercipta

Saya berani mengatakan bahwa pernyataan diatas 100% tidak benar. Manusia tidak akan kehilangan perannya jika suatu saat itu terjadi. Kalau memang itu berdampak buruk, coba lihat keadaan sekarang dimana sebuah mesin telah menggantikan tenaga manusia dalam hal produksi. Tak dapat disangkal dengan bantuan mesin proses produksi jadi semakin cepat. Walau di satu sisi terjadi penyempitan SDM karena dampak penggunaan mesin. Namun tetap manusia tidak kehilangan perannya, malah menciptakan lapangan pekerjaan baru seperti teknisi mesin, operator produksi, dll.



Lalu apa yang harus kita perbuat dengan pesatnya perkembangan teknologi yang bisa mengancam perkerjaan kita?

Jawabannya adalah jangan melihat ini sebagai ancaman, tapi lihatlah ini sebagai peluang. Peluang untuk berkembang. Sebab perkembangan teknologi adalah hal yang mutlak. Anda pantas khawatir bila pekerjaan anda saat ini rentan digantikan oleh robot. Lalu jadikan rasa khawatir itu sebagai pendorong anda untuk berkembang. Yah, mau tak mau anda harus berpacu dengan Teknologi. 

Terlalu seram pernyataan anda!!!
Maaf, bukan maksud menakut-nakuti!! He-he..
Sekali lagi, ini bisa kita jadikan motivasi untuk terus berkembang. Perkembangan teknologi jangan anda lihat sebagai ancaman, tapi lihatlah dengan kemajuan teknologi akan lebih memudahkan anda untuk berkreasi. Satu hal yang perlu anda tahu, bidang yang tidak akan pernah diambil alih oleh robot adalah bidang KRETATIVITAS.

Yah, KREATIVITAS..

Secanggih apapun robot takan mampu menyamai kreativitas kita sebagai manusia. Karena robot adalah benda yang terprogram. Sedangkan manusia adalah makhluk yang,,>>>>>>
Silahkan anda lengkapi sendiri kalimat diatas...


Oleh karena itu, kekuatan Otak kananlah yang paling sering digunakan manusia dimasa robot berkuasa. Pekerjaan yang dominan menggunakan otak kiri jelas suatu saat akan digantikan oleh robot. Namun untuk pekerjaan yang menggunakan otak kanan akan masih eksis pada masa itu.

Saya bukannya meramal masa depan, tapi hanya memprediksikannya (sama saja)..... he-he,

Jadi, gunakanlah otak kanan anda mulai dari sekarang...!!!
Bila anda masih bingung bagaimana caranya menggunakan otak kanan anda, saya merekomendasikan anda untuk membaca buku ini 
itu adalah sumber bacaan yang sangat bagus, anda adalah manusia, jadi berpikirlah seperti manusia. Tanpa anda sadari bahwa selama ini anda berpikir seperti robot. Yah, anda akan menyadari setelah membaca buku ini. Pasang niat dengan mantap, berdiriliah dari tempat duduk anda, alihkan pandangan anda dari monitor ini... dan lekas ke toko buku.



SAYA BILANG ALIHKAN PANDANGAN ANDA DARI MONITOR INI!!!





He-he, ternyata anda masih tetap menatap layar ini. yah, tidak apalah itu berarti anda bukan robot yang semata-mata menerima perintah.

Semoga artikel ini bisa menyadarkan anda. Sekian dari saya, bila ada komentar yang ingin disampaikan silahkan ketik di kotak yang tersedia, (tidak, Termasuk kotak amal).

1 komentar:

Limit Komputer mengatakan...

Wah nice infonya tentang robot ...

Posting Komentar

Masukan dari bloggers sangat berharga bagi kami untuk membuat karya tulisan yang lebih baik!!!